TIPS JITU DAN CERMAT MENGELOLA KEUANGAN SAAT BULAN RAMADHAN

Tips Cerdas Mengelola Keuangan – Momentum Ramadhan sering dikaitkan dengan berbagai kebutuhan yang tak terduga, yang kemudian menyebabkan pembengkakan biaya. Dini Farah, seorang konsultan keuangan ahli dan penulis Finchickup (Financial Check up for Ladies), mengatakan bahwa ada beberapa alasan yang membuat biaya per bulan Ramadhan sering bengkak.

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS

Tips Cerdas Mengelola Keuangan Pada Bulan Ramadhan

Tips Cerdas Mengelola Keuangan Pada Bulan Ramadhan

Diantaranya yaitu acara buka puasa bersama yang sering dijadikan ajang berkumpul dengan teman-teman lama (SD-SMP-SMK), kebutuhan rumah tangga seperti listrik, air, gas, dan bahan pokok lainnya yang juga kerap melonjak, serta keinginan untuk mengganti perabotan rumah tangga. Dalam mengantisipasi biaya pengeluaran, Farah mengatakan salah satunya dapat dilakukan dengan cara prioritas bersama dan sejumlah titik beban Ramadan istimewa.

- Baca Juga -

Kemudian untuk barang-barang lainnya pengeluaran, seperti acara buka puasa bersama, rencana rekonstruksi rumah, menggantikan perabot rumah dan banyak lagi, harus siap untuk anggaran selama lebih dari satu bulan lebih cepat dari jadwal. Sehingga anggaran dapat disimpan di muka dan dapat mencegah over-budget.

Agar mampu melakukan perencanaan keuangan, hal ini dapat dilakukan melalui pelatihan keuangan.

Hal pertama dalam financial training adalah dengan melalukan risk profile. Farah berujar orang harus tau berapa banyak tanggungan mereka. Antara orang menikah dan belum menikah tentu memiliki penyiapan dana tabungan yang berbeda. Jika belum menikah atau single juga perlu diperhatikan apakah memiliki tanggungan terhadap orangtuanya atau tidak.

Tips Cerdas Mengelola Keuangan

Hal pertama dalam proses pembelajaran untuk pergi melalui profil risiko keuangan. Farah mengatakan bahwa orang harus tahu berapa banyak tanggungan mereka. Antara orang-orang menikah dan yang belum menikah pasti memiliki dana pengaturan yang berbeda tabungan. Jika tidak menikah atau tunggal itu juga perlu diperhatikan, apakah tanggungan orang tua mereka.

Kemudian yang kedua, untuk mengetahui laporan keuangan saat ini. Orang perlu tahu bagaimana biaya dan aset yang tinggi dia harus membuat perubahan. “Jika Anda mulai merekam aset apa yang setiap tahun meningkat. Jika tidak menambahkan sesuatu yang salah. Jadi ini begitu memiliki motivasi untuk membuat perubahan. ”

Cara mengelola keuangan yang terakhir harus menetapkan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai. Dalam rangka mempersiapkan seperti menyimpannya untuk melakukan.

Sesuai dengan persiapan di atas dari Farah keuangan penting untuk mengembangkan rencana pengelolaan uang, sehingga orang tidak akan pusing dan kebingungan.

Jika artikel Tips Cerdas Mengelola Keuangan Pada Bulan Ramadhan ini memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih

ADD YOUR COMMENT