Strategi Menentukan Harga Jual Toko Kelontong

Strategi menentukan harga jual toko kelontong – Menentukan harga jual merupakan salah satu kunci sukses bisnis toko kelontong/minimarket. Perlu anda ketahui, salah satu kunci sukses menjual adalah harga yang murah. Lalu Bagaimana caranya menentukan harga jual agar tidak kemahalan?

Strategi Menentukan Harga Jual Toko Kelontong

Hasil gambar untuk toko sembako

1. Harga awal atau modal awal

Saat melakukan usaha berdagang sembako pastinya barang dapat dari distributor (kita membeli dari distributor) dan biaya awal untuk membeli barang tersebut kita sebut sebagai modal awal. Besarnya harga beli ini sangat mempengaruhi harga jual serta keuntungan yang kita dapatkan nantinya. Misal di agen A anda membeli kopi satu renceng dengan harga Rp 9.500, kita bisa menjual kopi tersebut dengan harga Rp. 1.000 hingga Rp 1.500 satuannya. Namun kalau harga belinya mencapai Rp 10.500, maka kita tidak bisa menjualnya dengan harga Rp. 1.000,-

Baca juga :

2. Permintaan barang

- Baca Juga -

Biasanya semakin banyak permintaan, maka harganya juga semakin mahal. Karena jumlah barang yang keluar itu sangat banyak sehingga sangat menguras stok. Ini adalah hukum ekonomi, dalam menentukan harga jual ini juga berpengaruh. Misalkan anda menjual Rokok, karena didaerah itu peminat rokok cukup tinggi anda bisa menambah margin keuntungan mencapai 20% atau lebih.

3. Tingkat persaingan

Yang paling penting adalah tingkat persaingan, sekarang toko kelontong berskala kecil maupun sekelas grosir sudah menjamur dimana-mana. Coba saja anda main ke daerah pemukiman, pasti dalam satu kompleks ada dua atau tiga toko serupa. Kalau toko anda sudah dikenal harganya mahal, bagaimana bisa anda bersaing dengan toko lain? Tingkat persaingan ini nantinya akan mempengaruhi berapa margin atau presentase keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Baca juga :

4. Presentase keuntungan yang diambil

Terakhir, harga jual akan dipengaruhi oleh presentase yang ingin anda ambil. Untuk barang yang kurang populer atau belum banyak yang menjualnya anda bisa dengan bebas menentukan berapa presentase yang akan diambil tanpa takut kalah saing. Toh, belum banyak atau bahkan jarang sekali yang menjual barang tersebut. Dari keempat hal diatas, anda bisa langsung menggunakannya untuk menentukan harga barang dagangan.

>>>Download Software Akuntansi Toko Gratis, Klik Disini <<<

ADD YOUR COMMENT