Pengertian Uang Kas & Fungsinya

Pengertian Uang Kas – pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang  pengertian uang kas. Uang kas adalah kumpulan uang dari anggota anggota yang di gunakan untuk membayar infrastruktur kelompok. Dengan uang kas ini anggota tidak perlu membayar dana kelompok melainkan dengan uang kas itu. Pengertian uang kas menurut  Standar Akuntansi Keuangan, Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas digunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan.

DOWLOAD SOFTWARE GRATIS !!!

Pengertian Uang Kas

pengertian uang kas

Kas ( Cash) adalah aktiva lancar yang meliputi uang kertas/logam dan benda-benda lain yang dapat digunakan sebagai media tukar/alat pembayaran yang sah dan dapat diambil setiap saat.

Kas adalah uang tunai yang paling likuid sehingga pos ini biasanya ditempatkan pada urutan teratas dari aset. Yang termasuk dalam kas adalah seluruh alat pembayaran yang dapat digunakan dengan segera seperti uang kertas, uang logam, dan saldo rekening giro di bank. Menurut PSAK No 2, setara kas adalah investasi yang sifatnya likuid, berjangka pendek, dan yang dengan cepat dapat dijadikan kas dalam jumlah tertentu tanpa menghadapi risiko perubahan nilai yang signifikan.

Baca Juga : SOFTWARE CETAK KWITANSI EFEKTIF DAN TERMURAH

Pada umumnya, hanya investasi dengan jatuh tempo asli tiga bulan atau kurang yang memenhi syarat sebagai setara kas. Deposito yang jatuh temponya kurang atau sama dengan tiga bulan dan tidak diperpanjang terus-menerus (rollover) dapat dikategorikan sebagai setara kas.

- Baca Juga -

Sedangkan dalam bahasa inggris kas didefinisikan sebagai berikut:
Ready money. For accounting purposes, cash includes money in hand, petty cash, bank account balance, customer checks, and marketable securities. It may also include the unutilized portion of an overdraft facility or line of credit.

Fungsi Uang Kas

Adapun fungsi dari kas sebagai berikut :
  1. Sebagai alat tukar atau alat bayar dalam jumlah besar/kecil.
  2. Alat yang diterima sebagai setoran oleh bank sebesar nilai nominalnya.
  3. Kas juga digunakan untuk investasi baru dalam aktiva tetap.

Badan-badan yang biasanya memakai uang kas adalah organisasi, koperasi, sekolah, kelas, kampung dan komunitas. Selain penjelasan uang kas ada juga contoh pembayaran memakai uang kas seperti; biaya makan makan, penyewaan alat, membeli alat tulis kelas. Biasanya oleh karena itu uang kas sangat menguntungkan bagi organisasi karena tidak usah lagi membayar iuran cukup dengan  uang kas itu sangat adil bagi para anggotanya.

Masihkah memakai cara manual untuk menghitung kas dan mendata pembayaran kas setiap minggu? tentu itu sangat melelahkan dan tidak efektif gunakan saja software uang kas karena jika anda memakai software uang kas pastinya anda bisa tau kapan pengeluaran kas dan siapa saja yang belum membayar kas dengan rutin. Tenang, SOFTWARE UANG KAS  bisa membantu anda dalam menangani uang kas, aplikasi pekerjaan akan lebih cepat selesai dan tidak kesusahan. software ini murah sekali dari pada anda dengan cara manual yang membikin capek .

>>>DOWNLOAD SOFTWARE KLINIK APOTEK DISINI<<<

ADD YOUR COMMENT