Pengertian Piutang dan Jenis-Jenis Piutang dalam Laporan Keuangan

Pengertian Piutang menurut wikipedia ialah Piutang (Bahasa Inggris: accounts receivable, AR) adalah salah satu jenis transaksi akuntansi yang mengurusi penagihan konsumen yang berhutang pada seseorang, suatu perusahaan, atau suatu organisasi untuk barang dan layanan yang telah diberikan pada konsumen tersebut.

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS

Pada sebagian besar entitas bisnis, hal ini biasanya dilakukan dengan membuat tagihan dan mengirimkan tagihan tersebut kepada konsumen yang akan dibayar dalam suatu tenggat waktu yang disebut termin kredit atau pembayaran.

Pengertian Piutang

Pengertian Piutang

kios aplikasi akan menjelaskan  pengertian piutang. Piutang adalah salah satu jenis transaksi akuntansi yang mengurus penagihan konsumen yang berhutang pada seseorang, suatu perusahaan , dan suatu organisasi untuk barang dan jasa yang diberikan pada konsumen.

Orang yang mengurus pengihan hutang itu disebut dengan rentenir. Jasa ini biasanya dioperasikan oleh suatu perusahaan yang disebut dengan bank. Piutang hampir sama dengan hutang cuma saja kalau piutang itu ada yang menagih uang tersebut, ada jasa orang bayaran yang menagih hutang tersebut.di lain saya menjelaskan Pengertian Piutang  saya juga akan menjelaskan manfaat piutang .

Baca Juga : Software Pembukuan Sederhana, Simple, Dan Akurat

Jenis – Jenis Piutang

a. Piutang Usaha (account receivable) 

- Baca Juga -

Pengertian Piutang usaha adalah suatu jumlah pembelian kredit dari pelanggan. Piutang timbul sebagai akibat dari penjualan barang atau jasa. Piutang ini biasanya diperkirakan akan tertagih dalam waktu 30 sampai 60 hari. Secara umum, jenis piutang ini merupakan piutang terbesar yang dimiliki perusahaan.
Menurut Skousen dan Stice (2001:361) piutang usaha adalah piutang yang dihubungkan dengan aktivitas operasi normal sebuah bisnis, yaitu penjualan kredit barang atau jasa untuk pelanggan.

b. Wesel Tagih (notes receivable) 

Pengertian Wesel Tagih adalah surat formal yang diterbitkan sebagai bentuk pengukuran utang. Wesel tagih biasanya memiliki waktu tagih antara 60 – 90 hari atau lebih lama serta mewajibkan pihak yang berhutang untuk membayar bunga. Wesel tagih dan piutang usaha yang disebabkan karena transaksi penjualan biasa disebut dengan piutang dagang (trade account).
Menurut Skousen dan Stice (2001:361) piutang wesel adalah piutang yang diterbitkan oleh janji tertulis formal untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal tertentu.

c. Piutang lain-lain (other receivable) 

Piutang lain-lain adalah mencakup selain  piutang dagang. Contoh: piutang bunga, piutang gaji, uang muka karyawan, dan restitusi pajak. Secara umum bukan berasal dari kegiatan operasional perusahaan. Oleh karena itu, piutang jenis ini diklasifikasikan dan dilaporkan pada bagian yang secara terpisah di neraca.
Menurut Skousen dan Stice (2001:362) piutang lain-lain adalah piutang apapun yang muncul dari transaksi yang tidak secara langsung berhubungan dengan aktivitas opersi normal sebuah bisnis.

Ingin Tahu Lebih Cara Kelola Piutang dengan Mudah & Cepat? Simak Video Dibawah Ini!

ADD YOUR COMMENT