Pengertian Beban Atau Biaya Dalam Akuntansi

Pengertian Beban atau biaya dalam akuntansi menurut wikipedia ialah – Dalam istilah akuntansi, beban (expense) adalah pengurang dari pendapatan yang akan menghasilkan laba bersih sebelum pajak pada laporan laba/rugi.

Pada kode perkiraan, beban biasanya merupakan jenis yang paling banyak jumlahnya, walaupun secara sederhana, beban dapat diklasifikasikan menjadi:

  1. Beban perolehan pendapatan
  2. Beban operasi/rutin
  3. Beban operasional lainnya
  4. Beban lain-lain

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS

Pengertian Beban

pengertian beban

Kios aplikasi akan menjelaskan Beban Atau Biaya. Biaya adalah kas yang dikeluarkan perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan manfaat. Beban adalah pengorbanan yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan masa manfaat dimasa kini dan dimasa yang akan datang. Contoh biaya: tujuan membeli truk, untuk mengirim barang biar cepat sampai tujuan. Contoh beban: suatu perusahaan membayar bunga atas uang yang di pinjam dari bank tersebut. Setiap perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk membeli kebutuhan dalam suatu perusahaan tersebut dan perusahaan itu pun bukan mengeluarkan biaya yang tak harus dikeluarkan untuk keperluan yang tidak digunakan atau tidak perlu.

Baca Juga : Strategi Mencapai Laba Perusahaan Efisiensi Modal Usaha

Setiap perusahaan sangat memiliki beban yang berat contohnya: membayar beban bunga yang harus dibayar karena perusahaan tersebut meminjam uang dibank dan koperasi, lalu harus membayar beban pajak setiap bulannya, lalu harus membayar beban biaya listrik  setiap bulan.sebaiknya perusahaan anda mencatat laporan beban dan biaya .tapi masihkah dengan cara manual?sebaiknya gunakan software akuntansi.

- Baca Juga -

Perbedaan Beban dan Biaya

  • Biaya ;
Mulyadi (2000 : 8-10), Mengemukan bahwa definisi biaya dibagi atas dua yaitu biaya dalam arti sempit dan biaya dalam arti luas. Dalam arti luas biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi dan kemungkinan akan terjadi (belum terjadi) untuk tujuan tertentu. Sedangkan pengertian biaya dalam arti sempit adalah sebagai pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh aktiva.
Dari definisi biaya tersebut terdapat empat unsur pokok yaitu :
1. Biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi
2. Diukur dalam satuan uang
3. Yang telah terjadi atau secara potensial akan terjadi
4. Pengorbanan tersebut untuk tujuan tertentu.
  • Beban ;
menurut Standar Akutansi Keuangan (1999 : 12), Beban (expence) adalah penurunan manfaat ekonomi selama satu periode akuntasi dalam bentuk arus kas keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban mengakibatkan penurunan ekiutas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanaman modal. kesimpulannya, beban merupakan pengorbanan yang telah terjadi.
Letak di Laporan Keuangan :
  • Biaya, di neraca (Belum terpakai, biaya-biaya yang dianggap akan memberi manfaat dimasa yang akan datang, berupa aktiva) Misal : Sewa Dibayar Dimuka
  • Beban, di laporan laba-rugi (Pengeluaran/Biaya yang telah terpakai dan tidak dapat memberikan manfaat lagi dimasa yang akan datang) Misal : Beban Sewa

Itulah sedikit ulasan mengenai beban dan biaya. Semoga artikel diatas dapat membantu anda dalam menemukan informasi yang anda cari.

Ingin Tahu Lebih Cara Kerja Software Akuntansi Terbaik Kami? Simak Video Dibawah Ini

ADD YOUR COMMENT