40 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Di Tahun 2018

Peluang Usaha Rumahan kini mulai ngetrend di Indonesia. Home business dari skala kecil menengah nyatanya mulai banyak digeluti oleh para pebisnis baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga maupun karyawan yang menjadikan usaha di rumah sebagai kerja sampingan. Maraknya peluang usaha di rumah tidak lepas dari perkembangan teknologi khususnya yang berkaitan dengan Internet.

Media komunikasi berbasis internet telah sangat memudahkan para pebisnis untuk melakukan jual beli, mentransfer uang maupun menjaring pelanggan melalui promosi di website, media sosial maupun sharing video. Lalu apakah bisnis rumahan harus selalu dengan Internet?

Tentu tidak,

Bisnis online hanya salah satu cara mendapatkan uang melalui internet, ada banyak bisnis yang bahkan pemiliknya tidak tahu menahu mengenai internet namun sukses mendapatkan penghasilan yang lumayan setiap bulannya. Lalu mengapa Usaha Rumahan?

Coba anda bayangkan bagaimana rasanya :

Bekerja di rumah sendiri tanpa harus dimaki oleh sang bos. 

Sebagai karyawan seringkali harus menerima makian dari manajer atau bos, tunduk kepada bos padahal bos melakukan kesalahan dan kita tahu dia salah. Namun apa daya, kita hanya karyawan biasa yang tidak memiliki wewenang dan hanya akan tertunduk diam sambil mendengar sang bos memarahi hingga mulutnya berbusa

Kebebasan memilih waktu

Anda bisa menentukan kapan anda bekerja, kapan anda beristirahat, kapan anda beribadah atau anda bisa memilih sendiri kapan anda bercengkrama dengan anak dan istri anda. Salah satu kelebihan usaha di rumah adalah keleluasan waktu, ini yang tidak akan anda dapatkan dari menjadi seorang karyawan yang taat pada perusahaan.

Kedekatan dengan keluarga

Banyak sekali karyawan yang harus berangkat pada pukul 08.00 lalu pulang hingga pukul 16.00 bahkan hingga malam hari. Setelah itu tinggal letih menghinggapi tubuh, nah meski anda memiliki uang banyak, ada yang anda lewatkan yaitu kedekatan dengan keluarga. Terlebih jika anda adalah seorang ibu, anda mungkin akan melewatkan kapan bayi anda mengatakan ” mama” untuk pertama kalinya. Anda mungkin akan melewatkan perkembangan anak, kelucuan anak setiap harinya. Dengan membuka usaha di rumah, anda akan sangat dekat dengan keluarga anda.

Modal Kecil

Apakah semua usaha rumahan selalu menggunakan modal yang kecil? tentu tidak. Besar kecilnya modal sebenarnya ditentukan oleh jenis usaha dan skala usaha yang ingin anda jalankan. Namun satu hal yang pasti adalah anda sudah tidak perlu memikirkan biaya beli tanah maupun sewa gedung dan tentu ini menjadi salah satu langkah bagi anda untuk menekan modal seminimal mungkin.

Saya kira anda mulai tertarik dan semakin mantap menjalankan usaha kecil di rumah anda, namun muncul masalah lagi, ide usaha apa yang harus saya jalankan yang sesuai dengan kepribadian, kemampuan dan minat saya serta dengan modal kecil serta untung besar?

Berikut ini saya akan memberikan 40 ide usaha rumahan modal kecil untuk anda khususnya bagi yang merasa pemula. Sebelumnya akan saya bagi menjadi beberapa sub bidang. Silahkan anda klik saja bidang bisnis yang sekiranya anda cocok.

40 Peluang Usaha Modal Kecil

Peluang Usaha Rumahan Kategori Bidang Usaha

  1. Peluang Usaha Ternak
  2. Peluang Usaha Pertanian
  3. Peluang Usaha Perikanan
  4. Peluang Usaha Kuliner
  5. Peluang Usaha Online
  6. Peluang Usaha Bidang Jasa

Sebenarnya saya mau usaha di bidang apa saja namun yang lebih saya pikirkan adalah modal usahanya. Jangan khawatir, di bawah ini contoh peluang usaha yang saya rangkum sesuai dengan kebutuhan modal. So, anda bisa menentukan jenis bisnis yang sesuai dengan kantung anda.

Tapi  bukankah lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya? bisnis – bisnis tersebut tentu tidak semuanya cocok dijalankan di tempat saya meski modalnya kecil, maka saya harus bagaimana?

Tapi mas,?

Jangan terlalu banyak tapi, biasanya orang yang gagal dalam berbisnis adalah mereka yang hobi menggunakan kata tapi dan nanti. Kata TAPI menandakan ia terlalu banyak berfikir dan mencari alasan untuk membenarkan bahwa dirinya tidak bisa. Sementara kata NANTI, pertanda kalau orang tersebut suka menunda pekerjaan.

Jika anda butuh modal coba saja mengajukan proposal usaha baik kepada investor maupun pinjaman lunak dari bank seperti KUR. Jika anda masih bingung dalam mencari modal, anda bisa mengajukan proposal bantuan dana usaha kepada pemerintah.

Namun jika penjelasan saya diatas masih membuat anda terlalu banyak alasan? sepertinya anda harus berhenti untuk membaca. Namun, jika anda siap dengan segala resiko bisnis, silahkan teruskan membaca dan memilih serta memilah bisnis yang sesuai dengan bisnis anda.

Oke, penjelasan – penjelasan mengenai bisnis yang telah saya sebutkan di atas bisa anda baca di bawah ini, untuk memudahkan, klik saja tulisan biru atau link judul, nanti anda akan diarahkan kepada keterangan lengkapnya.

Peluang Usaha Ternak

  1. Prospek Bisnis
    Guru besar Fakultas Peternakan IPB, Prof Dr Muladno pernah menjelaskan bahwa Indonesia setidaknya baru akan mencapai swasembada daging memerlukan waktu setidaknya 20 – 30 tahun. Jika pemerintah mencanangkan program swasembada daging dalam waktu 3-4 tahun, itu hanya jawaban politis untuk menarik simpati mayarakat.

    Hingga kini, Indonesia masih mengimpor daging ke luar negeri karena jumlah permintaan yang ada belum terpenuhi oleh produksil lokal. Sangat disayangkan tentunya karena dengan sumber daya alam yang tersedia, Indonesia belum mampu memanfaatkannya secara maksimal.

Jika kita telisik lebih jauh, Peternakan telah menyumbangkan pendapatan nasional sebesar 9,4 %. Angka terbesar di sub sektor pertanian. Dengan kata lain, peluang usaha bidang peteranakan sebenarnya masih sangat potensial dan cerah. Sayangnya cara pengelolaan yang kurang tepat serta paradigma tentang peternakan yang hanya menjadikannya sebagai usaha sambilan yang membuat usaha peternakan di Indonesia kurang memuaskan.

So, jika anda tertarik untuk menjadi pengusah di bidang peternakan coba pelajari bagaimana tata kelola beternak yang baik serta jangan sungkan untuk bertanya kepada dinas – dinas terkait sehingga terjalin kerjasama yang baik serta tentunya dukungan yang besar baik dari segi pelatihan maupun bisa juga pendanaan.

Berikut ini contoh usaha peternakan yang bisa anda jalankan:

Ternak Kelinci

Ternak Ayam Bangkok 

Ternak Burung Dan Telur Puyuh

Ternak Kroto 

Ternak Murai Batu

Ternak Kenari 

Ternak Parkit

Ternak Madu

Ternak Kacer

Ulat Hongkong

Ternak Ayam Petelur

- Baca Juga -

Ternak Bebek Hidrida

Ayam Kampung Super

Ternak Kambing

Budidaya Entok

Love Bird

Untuk mendapatkan modal baca :

Contoh Proposal Bisnis Usaha Ternak Ayam Kampung

Peluang Usaha Rumahan Perikanan

Prospek Usaha 

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang kemudian menjadikan luar perairan di Indonesia lebih luas dibandingkan dengan luas daratan. Tak heran jika di Indonesia ada banyak spesies ikan yang hidup di perairan Indonesia.

Seharusnya, dengan luas perairan yang luas tersebut. Indonesia harusnya mampu menjadikan perikanan sebagai salah satu sektor ekonomi yang dapat menyumbang GDP besar untuk negara Indonesia serta memperbanyak lapangan kerja di Indonesia.

Pemerintah Indonesia sebenarnya sudah melakukan beberapa usaha diantaranya adalah dengan menggelontorkan dana untuk bantuan modal usaha, bantuan pengadaan peralataan serta penyuluhan – penyuluhan secara berkala. Sebagai contoh, Kementrian Kelautan dan Perikanan ( KKP ) telah mengucurkan dana untuk Kabupaten Malang sebesar Rp 5,23 miliar.

Untuk itu, agar anda menjadi pengusaha di bidang perikanan yang sukses. Cobalah untuk lebih aktif dalam menggali informasi salah satunya dengan mencari informasi dari KKP. salah satunya melalui website http://kkpnews.kkp.go.id/

Jika anda mencari usaha bidang perikanan :

Ikan Gurami

Ikan Lele

Ikan Patin

Ikan Mas

Ikan Koi

Ikan Sidat

Ikan Nila

Cacing Sutera

Belut

Peluang Usaha Bidang Pertanian

Indonesia sudah tidak diragukan lagi memiliki suber daya alam yang luar biasa melimpah. Sekali lagi kita harus prihatin karena meski penduduk Indonesia mayoritas menggantungkan hidupnya dari sektor pertanian namun hingga kini, Indonesia masih mengimpor beras.

Kebutuhan pangan belum terpenuhi oleh produksi lokal. Pun hasil panen tanaman yang ada belum bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik oleh para petani. Indonesia kemudian hanya menjadi pihak penjual produk mentah pertanian dengan kualitas yang lebih rendah dari negara lain.

Padahal dengan ketersediaan air, kesuburan tanah serta besarnya jumlah penduduk di Indonesia menjadikan usaha di bidang pertanian salah satu primadona bisnis di Indonsia.

Kementrian Pertanian telah berusaha mendongkrak produksi tani serta meningkatkan kualitasnya melalui berbagai program di antaranya adalah asuransi pertanian, bantuan pupuk serta penyuluhan – penyuluhan termasuk juga bantuan dana untuk modal usaha. Namun, hingga kini hasilnya belum terlalu mememuaskan. Jika anda ingin berbisnis di bidang pertanian dan budidaya tanaman ada baiknya anda sering membaca artikel dari http://www.pertanian.go.id/ serta alamtani.com.

Usaha Budidaya Tomat

Usaha Jamur Merang

Budidaya Jamur Tiram

Budidaa Jamur Kuping

Budidaya Cabe Rawit

Budidaya Tanaman Anggrek

Budidaya Tanaman Hias

Peluang Usaha Buah Naga

Budidaya Melon

Budidaya Pisang

Budidaya Jahe Merah

Peluang Usaha Rumahan Bisnis Online

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk no 4 terbesar di dunia dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk yang sedemikan besar, bisa anda bayangkan betapa potensinya Indonesia sebagai negara tujuan penjualan. Semakin besar penduduk berarti semakin banyak pangsa pasar.

Internet yang secara pesat berkembang dan terus menawarkan kemudahan – kemudahan yang tentu mulai menjadi kebutuhan masyarakat. Pengguna internet di Indonesia secara signifikan terus bertahan hingga ke angka 81 juta jiwa dan 79 juta diantaranya adalah pengguna aktif media sosial.

Jumlah pengguna internet tersebut bagi perusahaan sekelas Google, Yahoo, Youtube, dan perusahaan lain yang bergerak di bidang internet tentu merupakan target pasar yang sangat potensial. Lihat saja bagaimana GoJek, Grab, Bukalapak, Kaskus dan lainnya tumbuh dengan pesat di Indonesia.

Pada intinya, Bisnis Online di Indonesia memang memiliki masa depan sangat cerah dan peluangnya masih terbuka lebar karena sampai saat ini, tidak banyak orang yang paham masala internet apalagi bagaiana menghasilkan uang lewat internet.

Guna memudahkan anda dalam mengawali bisnis online :

Bisnis Online Youtube

Usaha Online Publisher Blog

Bisnis Affiliate Marketing

Membuka Online Shop

Menjual Barang di Buka Lapak

Menghasilkan uang dari Facebook

Peluang Usaha Berbekal Smartphone

Trading Forex

Investasi Online

Mendapatkan uang dari Twitter

Bisnis Online Click Bank

Pada akirnya, keputusan ada di tangan anda. Mana bisnis yang sekiranya cocok untuk anda.

ADD YOUR COMMENT