Tentang Modal & Pengertian Modal

Pada artikel kali ini kios aplikasi akan menjelaskan tentang modal dan pengertian modal. Modal adalah barang yang digunakan sebagai bekal/dasar untuk bekerja atau melakukan usaha, baik berupa uang, skill, atau yang lainnya. Modal merupakan satu dari bagian yang cukup penting atau mungkin bisa dikatakan paling penting dalam suatu perusahaan. Dengan demikian, perusahaan terdiri dari banyak komponen penting dan salah satu komponen penting yang harus ada kaitannya dengan perusahaan ialah modal.

Dengan adanya dan cukupnya modal, sebuah bisnis atau perusahaan bisa melakukan kegiatan bisnis mulai dari kegiatan produksi, dan pemasaran dan juga aktivitas bisnis yang lain. Jika berbicara mengenai modal, memang banyak orang yang mengira bahwa modal hanyalah berbentuk uang. Tentunya pendapat tersebut bisa jadi tidak sepenuhnya benar mengingat bahwa modal bisa berbentuk selain uang.

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS

tentang penyusutan

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Pengertian Modal Menurut Para Ahli

  1. Prof. Bakker

Menurut Prof. Bakker, modal dapat diartikan sebagai barang – barang konkret yang masih ada dalam rumah tangga perusahaan yang ada dalam neraca bagian debit, maupun berupa daya beli atau pun nilai tukar barang – barang yang tercatat di neraca bagian kredit.

- Baca Juga -

  1. Lawrence J. Gitman

Menurut Lawrence J. Gitman, pengertian modal adalah pinjaman jangka panjang yang dimiliki oleh perusahaan, atau pun setiap hal yang ada di bagian kanan neraca perusahaan selain kewajiban saat ini.

  1. Bambang Riyanto

Menurut Bambang Riyanto, modal merupakan hasil produksi yang digunakan kembali untuk memproduksi lebih lanjut. Dalam perkembangannya, kemudian modal ditekankan pada nilai, daya beli, atau pun kekuasaan menggunakan yang ada dalam barang – barang modal.

  1. Drs. Moekijat

Menurut Drs. Moekijat, modal dapat dirumuskan menjadi beberapa rumusan dasar. Modal normalnya dianggap terdiri dari uang tunai, kredit, hak membuat, serta menjual sesuatu (berupa paten), mesin – mesin dan gedung – gedung. Akan tetapi, sering juga istilah modal digunakan untuk menggambarkan hak milik total yang terdiri dari jumlah yang ditanam, surplus, dan keuntungan – keuntungan yang tidak dibagi.

Baca Juga : Inilah manfaat menggunakan Software Keuangan

Software Akuntansi Terlengkap

Dengan software akuntansi anda bisa tau modal berapa saja yang keluar untuk membuka usaha dan juga bisa mengetahui laba rugi anda. modal untuk membeli barang , dan sewa gedung dan kebutuhan lainya. semua tersebut dicatat dan disimpan dalam software akuntansi dan bisa di cek di laporan software akuntansi. Selain software akuntansi kami juga menyarankan menggunakan software manajemen keuangan. akan tau banyak keunggulan software akuntansi tetapi harganya ini termurah dari software akuntansi lainnya.

ADD YOUR COMMENT