Pengertian, Fungsi, dan Peran Yayasan

Di dunia ini keita adalah makhluk social yang membutukan bantuan orang lain untuk hidup. Maka dari itu tentunya kita sering menjumpai suatu organisasi masyarakat. Ada banyak jenis organisasi salah satunya adalah organisasi yayasan. Pada artikel ini akan membahas mengenai organisasi yayasan.

Pengertian Yayasan

Secara pengertian Yayasan adalah suatu badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan bersifat sosial, keagamaan dan kemanusiaan, didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang ditentukan dalam undang-undang. Di Indonesia, yayasan diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Rapat paripurna DPR pada tanggal 7 September 2004 menyetujui undang-undang ini, dan Presiden RI Megawati Soekarnoputrimengesahkannya pada tanggal 6 Oktober 2004.

Jenis jenis Yayasan etelah kita mengetahui pengertian yayasan, maka yayasan juga harus mempunyai tujuan dan sifatnya sosial atau bertujuan untuk masyarakat tertentu. Pendirian yayasan Indonesia mempunyai beberapa jenis yayasan yaitu yayasan pendidikan, kesehatan, dan yayasan pemberdayaan masyarakat. Dan untuk memperlancar tujuan dari yayasan maka mereka bekerja sama dengan instansi pemerintah, LSM, kelompok masyarakat setempat.

- Baca Juga -

Yayasan Pengertian

Fungsi Organisasi Yayasan

  • Wadah yang bersifat non profit untuk membantu kesejahteraan hidup masyarakat. Artinya yayasan berperan bukan hanya untuk kependingan pribadi ataupun organisasi melainkan masyarakat secara umum.
  • Lembaga yang memberikan upaya perlindungan, bantuan dan pelayanan kepada masyarakat di bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan. Fungsi ini adalah untuk memebantu masyarakat demi kepentiangan sosial

Peran Yayasan adalah

  • Membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.
  • Membantu Sesama terutama yang lemih membutuhkan.
  • Sebagai organisasi sosial yang tidak untuk pribadi atau organisasi saja melainkan untuk masyarakat secara sosial.

Kesimpulanya Yayasan Adalah Organisasi sosial yang berfungsi untuk membantu kesejahteraan hidup masyarakat. Yayasan memiliki peran untuk membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dan sebagai organisasi yang tidak untuk pribadi melainkan untuk masyarakat.

Itu tadi adalah sedikit hal dan info untuk anda semua semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah anda terima kasih.

Download Software Akuntansi Gratis Klik >>>DISINI!!

 

ADD YOUR COMMENT