Pengertian dan Pokok Kegiatan Akuntansi

Apa itu akuntansi? Apa saja Pokok kegiatan akuntasi? Dari beberapa pertanyaan tersebut dapat dijelaskan …

Pertama, Akuntansi  adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Pengertian dan Pokok Kegiatan Akuntansi

Kedua Pokok Kegiatan Akuntansi

  1. Pengukuran dan Perhitungan. Adalah Proses atau Kegiatan Untuk menghitung, menganalisa, mengukur, serta menentukan. Pada kegiatan pokok ini seorang akuntan mencatat hal-hal yang terjadi di didalam kegiatan produksi . dalam hal ini terjadi pencatatan diantaranya:
  • Pembuatan/penyusunan bukti-bukti transaksi, baik transaksi internal ataupun eksternal perusahaan.
  • Pencatatan setiap transaksi pada jurnal tertentu (jurnal umum atau khusus).
  • Catat hasil pencatatan di jurnal tersebut ke laporan buku besar.

semakin rinci suatu catatan maka semakin mudah untuk dipahami dan dikelola.

- Baca Juga -

  1. Seperti namanya kegiatan ini untuk meringkan semua hal yang telah dicatat di kegitan pengukuran dan perhitungan. Salah satu hal yang diringkasdalam kegiatan ini adalah ringkasan mengenai pemasukan, ringkasan mengenai pengeluaran, ringkasan Laba-rugu, Aset, dan hal lain yang telah di catat dalam kegiatan pengukuran dan perhitunagan.
  2. Kegiatan ini bertujuan untuk melaporkan hasil kegiatan akuntansi kepada manajer, investor, dan dan otoritas lainnya untuk memberikan keterangan mengenai kegiatan akuntansi dan untuk melaporkan mengenai semua kegiatan mulai dari produksi, pemasukan, pengeluaran dan kegiatan lain serta untuk memberi keterangan mengenai hal hal lainnya seperti pelaporan aset, laba-rugi dll. Salah satunya adalah sebagai berikut:
  • Laporan Neraca (Balance Sheets) adalah laporan keuangan untuk menunjukkan posisi assets atau aktiva, Liabilities atau hutang, serta Equity atau modal
  • Laporan Rugi Laba (Income Statments) adalah laporan keuangan yang terdiri dari seluruh beban pengeluaran serta pendapatan/income sehingga diperoleh nilai laba dan rugi.
  • Laporan Perubahan modal (Equity Statements) adalah inti dari laporan keuangan yang berisi informasi tentang perubahan modal perusahaan, misal jumlah modal yang disetor di awal (capital stock), saldo laba periode berjalan (current earning), tambahan modal disetor (paid-in capital), serta saldo laba ditahan (reatained earning).
  • Laporan Arus Kas (Cash Flow Statments) adalah bagian dari laporan keuangan dalam periode tertentu yang berisi aliran dana kas baik masuk ataupun keluar. Biasanya di golongkan berdasarkan arus kas dari aktivasi investasi, aktivasi operasi, serta aktivasi pendanaan.
  • Catatan atas Laporan Keuangan adalah laporan tambahan yang berisi catatan informasi yang lebih detail tentang akun tertentu sehingga memberikan nilai yang lebih komprehensif dari suatu laporan finansial perusahaan.

Dari semua hal yang dijelaskan di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa akuntansi adalah adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Pokok Kegiatan Akuntansi Antara lain:

  • Pengukuran dan Perhitungan
  • Peringkasan
  • Pelaporan

Terima kasih telah membaca artikel ini semoga dapat menjawab jawaban yang anda butuhkan mengenai Akuntansi.

Download Software Akuntansi & Laporan Keuangan Gratis Demo, : Klik Disini!!

ADD YOUR COMMENT