Pengertian Buku Besar & Fungsi Buku Besar

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai Pengertian Buku Besar. Buku besar adalah kumpulan akun-akun yang digunakan untuk meringkas transaksi yang telah dicatat dalam jurnal. Pengertian buku besar juga dapat diartikan tahapan catatan terakhir dalam akuntansi. Akuntansi juga harus memakai buku besar dikarenakan buku besar adalah  semacam laporan keuangan yang harus dilaporan kepada pemilik suatu usaha.

DOWLOAD SOFTWARE GRATIS !!!

Pengertian Buku Besar

Pengertian Buku Besar

Buku besar adalah sebuah elemen dalam akuntansi yang digunakan untuk melakukan pencatatan perubahan yang terjadi dalam arus keuangan atau transaksi keuangan. Jadi dalam akuntansi buku besar inilah yang menulis semua transaksi keluar, masuk, utang dan piutang, serta mengetahui perubahan dari keuangan dari perusahaan. Setiap perusahaan memiliki jumlah buku besar yang berbeda-beda. Tergantung dengan arus keuangan dan jenis kegiatan yang terdapat di perusahaan tersebut.

- Baca Juga -

Fungsi Buku Besar

Dalam sebuah perusahaan harus memiliki buku besar, karena fungsinya sangat penting. Buku besar yakni berfungsi untuk meringkas semua data transaksi yang sudah tertulis didalam jurnal umum. Selain itu digunakan sebagai alat yang menggolongkan data keuangan, dari yang jumlahnya besar sampai jumlah kecil. Jadi anda dapat mengetahui ada perbedaan atau tidak dari semua data keuangan yang masuk. Semua data yang sudah ditulis di jurnal, harus dicatat atau digolongkan lagi dalam buku besar dan juga sebagai bahan informasi ketika menyusun laporan keuangan.

Software Akuntansi Terlengkap

Dengan software akuntansi anda bisa tau modal berapa saja yang keluar untuk membuka usaha dan juga bisa mengetahui laba rugi anda. modal untuk membeli barang , dan sewa gedung dan kebutuhan lainya. semua tersebut dicatat dan disimpan dalam software akuntansi dan bisa di cek di laporan software akuntansi. Selain software akuntansi kami juga menyarankan menggunakan software manajemen keuangan. akan tau banyak keunggulan software akuntansi tetapi harganya ini termurah dari software akuntansi lainnya.

Software buku besar akuntansi biasanya akan dibuat secara lebih sederhana untuk mencatat data master (akun, sub akun, data karyawan dan lain-lain) atau pembuatan jurnal double entry yaitu posisi debit dan kredit langsung pada form yang telah disediakan pada menunya. Penerapannya Anda hanya akan memasukkan akun-akun yang telah dilibatkan di jurnal yang kemudian diisi dengan data penunjang lainnya seperti nama tujuan, nilai kurs (apabila menggunakan mata uang asing), departemen, dan lain sebagainya.

>>>DOWNLOAD SOFTWARE TOKO KLIK DISINI<<<

ADD YOUR COMMENT