Pengertian, Jenis & Tujuan Manajemen Persediaan

Manajemen Persediaan atau Inventory Management merupakan salah satu bagian dalam manajemen operasional dan manajemen produksi. Dalam businessdictionary.com disebutkan bahwa manajemen persediaan adalah kegiatan untuk menjaga jumlah optimum dari barang yang dimiliki.

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS

Secara keseluruhan proses produksi merupakan proses yang dinamis terutama pada pergerakan barangnya. Karena itu diperlukan pengelolaan yang baik terhadap barang tersebut agar tidak mengganggu proses produksi. Nah pengelolaan inilah yang dimaksud dengan manajemen persediaan.

Manajemen Persediaan – Jenis Jenis Manajemen Pengelolaan

Berdasarkan jenis barang yang dikelola, manajemen inventory ini terbagi menjadi lima jenis. Pertama barang mentah atau bahan baku. Manajemen persediaan harus mampu memastikan jumlah bahan baku yang ada mampu mecukupi kebutuhan produksi.

Barang yang kedua adalah barang proses atau barang setengah jadi. Biasanya barang ini digunakan untuk didisribusikan ke pabrik lain untuk dilanjutkan menjadi barang jadi. Manajemen persediaan akan menentukan seberapa banyak barang yang diperlukan untuk di distribusi agar bisa memenuhi permintaan.

Baca Juga : PROGRAM TOKO TERMURAH – MEMBANTU USAHA TOKO

Selanjutnya adalah barang jadi atau finishing goods. Manajemen persediaan akan mengatur jumlah yang tersedia, kemana akan didistribusikan, dan berapa jumlahnya. Tidak lain tidak bukan agar mampu mendapatkan jumlah produk optimal agar keuntungan maksimal.

Barang keempat yang juga harus dikelola adalah barang suplai. Manajer harus mengelola barang yang menjadi persediaan baik yang akan digunakan untuk produksi atau tidak. Barang yang terakhir adalah barang dagangan. Barang ini harus jelas jumlah nya dan dimana saja akan didistribusikan.

Baca Juga : SOFTWARE AKUNTANSI – TERMUDAH DAN TERMURAH

Sedangkan berdasarkan permintaan, manajemen inventory mengelola barang yang terbagi menjadi dua. Persediaan barang jadi yang tergantung pada permintaan pasar (independent demand inventory). Kemudian persediaan barang setengah jadi dan bahan mentah yang ditentukan oleh tuntutan proses produksi dan bukan pada keinginan pasar (dependent demand inventory).

- Baca Juga -

Namun manajemen inventory tidak hanya mengelola barang-barang tersebut inventori lain seperti suku cadang, barang cacat dan memo selama barang tersebut tercatat dalam daftar inventori.

Manajemen Persediaan

Tujuan Manajemen Persediaan

Proses manajemen pasti memerlukan biaya apalagi yang dikelola adalah barang yang memerlukan perhatian khusus. Barang-barang seperti makanan yang bisa basi atau barang pecah belah memerlukan penangan yang cepat dan biaya perawatan yang lumayan.

Nah dari hal tersebut tujuan utama manajemen inventory adalah memaksimalkan barang persediaan dengan biaya yang minimal. Selain itu ada banyak tujuan lain yang bisa kita manfaatkan melalui manajemen inventory berikut ini beberapa diantaranya.

  • Memastikan adanya persediaan melalui safety stock
  • Memberi waktu luang untuk pengelolaan produksi dan pembelian
  • Mengantisipasi perubahan permintaan dan penawaran.
  • Menghilangkan atau mengurangi risiko keterlambatan pengiriman bahan
  • Menyesuaikan dengan jadwal produksi
  • Menghilangkan atau mengurangi resiko kenaikan harga
  • Menjaga persediaan bahan yang dihasilkan secara musiman
  • Mengantisipasi permintaan yang dapat diramalkan.
  • Mendapatkan keuntungan dari quantity discount
  • Komitmen terhadap pelanggan.

Download Demo Software Gratis Di bawah ini :

Jika artikel Pengertian, Jenis & Tujuan Manajemen Persediaan Inventory Produk ini memang berguna untuk teman-teman. MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR Teman-teman kita mendapatkan manfaatnya. Terimakasih


Incoming Search Terms :

  • cara membuat laporan keuangan
  • jenis manajemen persediaan inventory
  • manajemen proyek
  • tujuan manajemen persediaan
  • software manajemen bisnis

ADD YOUR COMMENT