Laporan Transaksi Keuangan Akuntansi & Penjelasannya

Laporan Transaksi Keuangan Akuntansi – Laporan keuangan atau biasa disebut dengan financial report adalah salah satu elemen paling penting di setiap perusahaan baik perusahaan kecil sampai perusahaan besar.  Laporan keuangan inilah yang dijadikan pijakan penting untuk mengukur kesehatan perusahaan. Lantas apa itu laporan keuangan?

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS

Laporan Transaksi Keuangan

Pengertian laporan keuangan ialah tahap terakhir dalam proses/siklus akuntansi. Pada perusahaan kecil laporan keuangan cukup atas laporan laba rugi, laporan arus kas dan neraca, serta laporan perubahan modal. Dalam praktiknya fungsi laporan keuangan adalah untuk dijadikan dasar bagi pihak manajemen dalam membuat suatu keputusan.

Laporan transaksi

Contoh Beberapa Laporan Keuangan

  • Laporan Keuangan Grafik Analisa

Yang pertama adalah laporan keuangan grafik analisa. Dalam laporan ini semua data disajikan dalam bentuk grafik. Metode ini bisa diterapkan untuk laporan laba rugi, neraca dan lainnya.

  • Laba Rugi

Laporan Keuangan Laba-Rugi adalah laporan yang menunjukkan/menginformasikan tentang pendapatan/pemasukan serta pengeluaran/beban suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu. Jika pendapatan / pemasukan lebih besar maka perusahaan dikatakan mendapat untung atau laba, jika sebaliknya maka perusahaan mendapat kerugian.

Baca Juga Membuat Laporan Keuangan Itu Mudah Dengan Aplikasi Laporan Keuangan The Akun

- Baca Juga -

  • Neraca

Laporan neraca adalah laporan keuangan neraca adalah laporan keuangan yang berisikan laporan asset/harta, utang/kewajiban, serta modal/capital suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

  • Arus Kas

Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang berisikan informasi keuangan keluar-masuk kas suatu perusahaan/organisasi.

  • Mutasi Barang Per Gudang

Laporan mutasi barang per gudang adalah laporan yang memuat informasi tentang arus barang yang keluar dan masuk dalam satu gudang tertentu. Serta untuk melihat / mengecek saldo awal dan akhir dalam persediaan serta untuk mengetahui jumlah barang yang tersedia.

  • Buku Besar

Laporan buku besar adalah laporan yang memuat semua informasi pencatatan transaksi dari hasil postingan jurnal dalam periode waktu tertentu.

Laporan Keuangan Merupakan Jantung dari Sebuah Perusahaan. Karena Laporan Keuangan Akan Menentukan Berbagai Keputusan yang Akan diambil Nantinya.

Kemudahan dalam membuat laporan keuangan akan anda rasakan dengan menggunakan software akuntansi. Software akuntansi merupakan sebuah perangkat lunak yang ditujukan khusus untuk memudahkan para accounting dalam menjalankan tugasnya. Banyak sekali kelebihan dan keunggulan yang terdapat pada program akuntansi yang akan membantu mempermudah pekerjaan akuntan.

Ingin Tahu Bagaimana Cara Kerja Software Akuntansi Kami? Simak Video Dibawah Ini!

 

ADD YOUR COMMENT