Laporan Keuangan Akuntansi Organisasi Nirlaba

Sebelum membahas tentang laporan keuangan untuk akuntansi organisasi nirlaba mari kita bahas apa itu organisasi nirlaba.?

Organisasi nirlaba atau organisasi non profit adalah suatu organisasi yang bersasaran pokok untuk mendukung suatu isu atau perihal di dalam menarik perhatian publik untuk suatu tujuan yang tidak komersil, tanpa ada perhatian terhadap hal-hal yang bersifat mencari laba (moneter).

Organisasi nirlaba meliputi gereja, sekolah negeri, derma publik, rumah sakit dan klinik publik, organisasi politis, bantuan masyarakat dalam hal perundang-undangan, organisasi jasa sukarelawan, serikat buruh, asosiasi profesional, institut riset, museum, dan beberapa para petugas pemerintah.

Laporan Akuntansi Keuangan

PSAK No. 45 mensyaratkan bagi organisasi nirlaba untuk menyediakan seperangkat laporan keuangan/akuntansi yang lengkap yang meliputi, laporan posisi keuangan, laporan aktivitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan

Laporan Keuangan Akuntansi Organisasi Nirlaba

Laporan Posisi Keuangan (Neraca)

Karakteristik laporan ini adalah:
• menyajikan aktiva, kewajiban dan aktiva bersih
• aktiva bersih dilaporkan secara total, dan dibagi menurut ketiga kelompok aktiva bersih, yaitu tidak terikat, terikat temporer, dan terikat permanen

Aktiva dan kewajiban yang sejenis harus disatukan dalam kelompok homogen. Aktiva dan kewajiban disajikan sesuai tingkat likuiditasnya, dan dikelompokkan dalam lancar dan tidak lancar, pengungkapan tentang likuiditas dan pembatasan bisa disediakan dalam catatan.

Basis fungsional pelaporan beban menghasilkan sesuatu bentuk penyajian laporan akuntansi yang informatif namun sangat agregatif.

Untuk mengatasinya, akuntansi organisasi menyiapkan suatu laporan beban fungsional secara terpisah.

Laporan ini merekonsiliasi klasifikasi fungsional dengan basis klasifikasi pengeluaran menurut objek misalnya, biaya gaji, peralatan, perangko, dan hadiah atau bantuan.

Laporan beban fungsional merupakan suatu laporan yang diwajibkan bagi organisasi semacam ini. FSAB menganjurkan organisasi nirlaba lain untuk menyiapkan laporan seperti ini, namun bukan suatu keharusan.
Pelaporan keuangan

- Baca Juga -

Laporan keuangan pokok organisasi kesehatan dan kesejahteraan suka rela mencakup laporan yang sama seperti diharuskan bagi organisasi nirlaba lain ditambah satu laporan tambahan, yakni laporan beban fungsional.
Suatu organisasi dan kesejahteraan suka rela nasional dapat memiliki hubungan antar pihak-pihak terafilisasi.

Kecuali jika organisasi lokal tidak independen terhadap organisasi nasional, dengan tujuan terpisah dan dewan pengatur, maka laporan keuangan nasional dan lokal digabungkan untuk pelaporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Demikian penjelasan saya mengenai Laporan Keuangan Akuntansi Organisasi Nirlaba, Maaf jika ada salah kata. Terima Kasih

Download Demo Aplikasi Akuntansi & Laporan Keuangan GRATIS : Klik Disini!!

Berikut Gambar Software Akuntansi & Laporan Keuangan Kami :

  • Software Akuntansi & Laporan Keuangan/PC : 850.000
    Software Akuntansi & Laporan Keuangan Unlimited PC : 2.500.000
Software Akuntansi & Laporan Keuangan Menu Master Kode Akun Software Akuntansi
Menu Transaksi Software Akuntansi Form Hutang Ke Bank Software Akuntansi
Form Pembayaran Hutang Software Akuntansi Menu Laporan Software Akuntansi

ADD YOUR COMMENT