8 Analisis Pentingnya Software Toko Bagi Pengusaha Bisnis

Pentingnya Penggunaan Software Toko Bagi Bisnis – Perkembangan media sosial dan kebutuhan masyarakat akan makanan yang menarik membuat bisnis restoran, café, dan coffeeshop mulai berkembang pesat dalam beberapa tahun ini.

Ada begitu banyak hal penting yang perlu Anda perhatikan saat memulai bisnis ini, salah satunya adalah software Point of Sale. Namun, apa sebenarnya software point of sale itu sendiri? Walaupun perannya cukup penting dalam dunia bisnis, belum banyak pebisnis yang memahami sistem ini.

Software Toko / Software Point of Sale

Software Toko / Software Point of Sale

POS atau Point of Sale merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan retail, seperti di restoran atau café. Umumnya, peralatan yang digunakan dalam sebuah sistem POS merupakan seperangkat komputer dan mesin kasir (cash register).

Namun, saat ini komputer sudah bisa digantikan oleh sebuah tablet pintar, dengan menggunakan sistem operasi Android yang lebih praktis, sehingga Anda sudah tidak memerlukan perangkat berkabel (wireless). Jika Anda belum mempunyai sebuah sistem kasir atau POS (Point of Sale) untuk bisnis, Anda mungkin dapat mencoba untuk menggunakan software Point of Sale dalam bisnis Anda. Sederhananya, anda bisa menyebut software point of sale ini dengan sebutan software toko.

8 Analisis Pentingnya Penggunaan Software Toko / Point of Sale Bagi Pengusaha Bisnis

Software Toko / Software Point of Sale

1. Mengurangi Resiko human error

Human error merupakan salah satu resiko yang umum saat mengelola bisnis restoran secara manual. Pencatatan seluruh penjualan dan persediaan secara manual sangat beresiko dengan kemungkinan terjadinya kesalahan input. Beberapa kesalahan input tersebut bisa berupa salah menulis harga pada kwitansi, salah menulis kuantitas pemesanan, salah menulis nama pelanggan, dan sebagainya.

Berbagai kesalahan tersebut dapat dihindari apabila bisnis restoran Anda menggunakan software POS yang terkomputerisasi. Sistem digital dengan menggunakan software toko / software Point of Sale akan membuat segala hal menjadi lebih mudah dan praktis. Berbagai kemungkinan terjadinya resiko kesalahan pun juga menjadi semakin rendah, karena semua halnya dilakukan oleh sistem komputer.

2. Mengurangi Potensi Kerugian yang Disebabkan oleh Fraud Manajemen

Salah satu kemungkinan terjadinya kerugian bisnis dapat disebabkan oleh tindakan pencurian yang dilakukan oleh pegawai-nya sendiri. Dengan menggunakan software point of sale yang terkomputerisasi, Anda dapat menelusuri dan mengetahui keseluruhan siklus biaya dari bisnis restoran Anda.

Anda dapat mengetahui seluruh rincian biaya, dimulai dari pembelian bahan baku ke supplier, biaya gaji, hingga laporan penjualan makanan dan minuman yang Anda jual secara lengkap. Software Point of Sale atau software toko  yang terkomputerisasi tentunya juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya kecurangan, karena segala halnya menjadi lebih transparan dan dapat dipantau secara real-time.

Selain itu, software Point of Sale yang terkomputerisasi juga dapat membantu Anda dalam menghitung stok, sehingga persediaan bahan makanan yang Anda beli dapat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

3. Meningkatkan Efisiensi Bisnis Anda

Selain memperkirakan kebutuhan persediaan bahan makanan Anda agar sesuai dengan penjualannya, melalui software Point of Sale yang terkomputerisasi, Anda juga dapat meningkatkan efisiensi restoran Anda.
Software Point of Sale akan membantu Anda mencatat makanan dan minuman yang dipesan pelanggan dengan lebih cepat dan akurat.

Semua bisa dilakukan oleh pegawai Anda tanpa perlu repot menulis di buku, pelanggan Anda pun tidak perlu menunggu lama karena panjangnya antrian untuk melakukan transaksi pembayaran.

Baca Juga : USAHA DAGANG; PENGERTIAN, CONTOH DAN IZIN USAHA

4. Membantu Anda Mengetahui ROI (Return on Investment) secara Instan

- Baca Juga -

Melakukan analisa penjualan berbagai menu makanan dan minuman, dari yang kurang diminati hingga yang terlaris dalam sebuah bisnis restoran merupakan tips penting lainnya untuk memahami perkiraan permintaan dan pendapatan bisnis Anda.

Dengan melakukan analisa tersebut, Anda dapat memonitor biaya satuan dan menganalisis kebutuhan stok bahan makanan, baik yang perlu ditambahkan, maupun yang perlu dikurangkan.

Selain itu, Anda juga dapat menghapus beberapa menu makanan dan minuman yang kurang diminati pengunjung.
Anda dapat melacak seluruh data penjualan dengan melihat hasil laporan penjualannya melalui software Point of Sale.

Proses analisa hasil penjualan juga akan membantu Anda untuk mengetahui persentase keuntungan masing-masing segmen bisnis, kinerja cabang individual di setiap lokasi, sekaligus keefektifan strategi promosi yang paling berhasil dalam bisnis Anda.

5. Meningkatkan Keakuratan Setiap Transaksi

Salah satu strategi promosi yang dapat dilakukan untuk memasarkan bisnis Anda adalah memberikan potongan penjualan. Namun, bagaimana apabila penurunan harga ini malah menyebabkan inkonsistensi harga jual antar lokasi dan pencurian oleh oknum karyawan?

Tidak perlu khawatir, software Point of Sale yang terkomputerisasi dapat membantu Anda untuk melakukan update sekaligus melacak harga jual pada beberapa cabang lokasi bisnis Anda sekaligus. Anda dapat melacak dan mengakses datanya dimanapun, tanpa harus bolak-balik untuk mengeceknya ke satu per satu lokasi.

Setiap promosi, diskon, dan kupon dapat dilacak secara akurat, dan perubahan di laporan keuangan dari setiap promosi ini dapat dicatat setiap hari. Pelacakan harga jual promosi produk secara real-time seperti ini hampir tidak mungkin dilakukan tanpa adanya bantuan dari software Point of Sale yang terkomputerisasi.

6. Membantu Analisa Pelanggan

Software Toko yang terkomputerisasi juga memiliki kemampuan untuk menyimpan data pelanggan dasar, seperti nama dan informasi kontak. Data ini dapat membantu Anda untuk melakukan personalisasi pengalaman pengunjung yang bersantap di restoran Anda.

Dengan mengumpulkan informasi pelanggan, Anda dapat mengetahui mana pelanggan setia dan mengantisipasi pesanan mereka. Dengan demikian, software toko yang terkomputerisasi dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan restoran Anda.

Baca Juga : BAGAIMANA CARA MELAYANI PEMBELI TOKO KELONTONG DENGAN BAIK

7. Lebih Menghemat Waktu

Semakin cepat pesanan diterima, maka akan semakin cepat pula makanan atau minuman dihidangkan diatas meja pelanggan Anda. Hal ini akan meningkatkan perputaran meja yang dapat diisi oleh lebih banyak pelanggan. Mengantar pesanan dari pelanggan melalui software kasir yang terkomputerisasi akan menghemat waktu jauh lebih banyak dibandingkan dengan melakukannya secara manual.

Selain itu, dengan menggunakan software kasir yang terkomputerisasi, kemungkinan terjadinya kesalahan dalam penyajian hidangan yang dilakukan oleh para karyawan dapur Anda pun akan menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan sistem manual.

Software kasir yang terkomputerisasi sudah memiliki sistem akuntansi sendiri, sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk menghitung secara manual. Hal ini juga akan mengurangi kekeliruan dalam penghitungan, sehingga dapat lebih menghemat waktu.

8. Memiliki Aksesibilitas yang Luas

Selain beberapa alasan diatas, penting pula untuk mempertimbangkan agar Software Point of Sale Anda memiliki aksesibilitas yang lengkap. Kemampuan untuk dapat diakses dari berbagai jenis perangkat adalah penting, agar penggunaan software Point of Sale tersebut semakin mudah.

Software Point of Sale yang dapat diakses dengan menggunakan tablet atau smartphone dapat menjadi salah satu pertimbangan, sehingga Anda dapat mengelola bisnis restoran tanpa harus selalu berkutat di depan layar komputer. Demikian beberapa alasan pentingnya software Point of Sale yang terkomputerisasi bagi bisnis restoran Anda. Tak dapat dipungkiri, software Point of Sale sangat bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis restoran Anda, bukan?

>>> Download Software Toko Gratis, Klik Disini !!! <<<

ADD YOUR COMMENT